Teknik Fotografi Makro

Melihat foto bunga yang tampak begitu detail hingga ke putik-putiknya atau foto belalang hingga kakinya tampak jelas tentu menyenangkan, lalu bagaimana teknik fotografinya? Jawabannya adalah menggunakan teknik foto makro. Mendengar kata makro sebagian orang mungkin berpikir bahwa foto makro itu adalah foto untuk objek yang berukuran besar. Padahal justru sebaliknya, objek fotonya malahan kecil namun dengan teknik fotografi khusus, gambar menjadi tampak lebih besar tapi tetap jelas

makro photography

Teknik Fotografi Makro dan Cara Penggunaannya

Tekni fotografi bagi yang ingin mengambil gambar makro adalah sebagai berikut:

1. Tentukan objek yang ingin diambil. Pastinya objek adalah benda-benda kecil.

2. Objek benda mati. Pada tahap awal akan lebih mudah jika kita menggunakan objek benda mati seperti bunga atau polpen.

3. Buat pengaturan menjadi makro. Kamera digital banyak yang menggunakan simbol bunga untuk pengaturan makro. Pilih saja menu tersebut.

4. Foto makro biasanya fokus pada salah satu titik/objek dan mengaburkan objek lainnya. Misalkan bunga, kita bisa membuat fokus ujung bunganya saja dan membuat blur tangkainya.

5. Setelah kamera disetting makro, arahkan lensa pada objek.

6. Tekan setengah dari tombol bidik dan temukan fokus yang diinginkan. Jika dengan sekali pencet belum ketemu, pencet sampai beberapa kali sampai kita dapatkan fokus.

7. Setelah fokus didapat, pertahankan posisi menekan tombol bidik setengah lalu pencet lebih dalam hingga foto terambil.

Cara ini bisa juga diterapkan ketika kita melakukan pengambilan untuk benda kecil yang bergerak seperti kupu-kupu, semut, dan belalang. Hanya saja karena hewan cukup sensitif dengan pergerakan manusia, kita musti mengambil foto dengan jarak yang lumayan jauh. Di sini akan cukup repot kalau kita menggunakan kamera pocket. Jadi jika ingin serius mendalami foto makro dan tertarik dengan pengambilan objek bergerak, akan lebih mudah jika menggunakan digital SLR. Hanya saja harganya memang relatif lebih mahal dari kamera pocket biasa. Tinggal mana yang anda inginkan, kalau sekedar ingin berlatih mengambil foto makro bisa lebih dulu memilih objek yang berhenti. Mudah bukan teknik fotografi ini?

Teknik Fotografi Makro untuk Objek Produk

Ketika kita mengambil gambar produk berupa makanan atau minuman, teknik fotografi yang dipakai biasanya juga menggunakan foto makro. Hanya saja cara pengambilannya berbeda dengan ketika kita mengambil foto bunga tadi. Untuk produk, usahakan kita mengambilnya dengan kecerahan yang optimal dan pengambilan gambarnya jangan sampai ada bayangan. Caranya mudahnya adalah bikin studio mini berupa kotak. Agar tidak menghabiskan banyak dana kita bisa menggunakan kardus lalu di setiap sisinya ditempeli kertas putih. Setelah itu letakkan objek di dalam kardus dan beri pencahayaan. Berikan lampu secukupnya hingga anda dapatkan kecerahan maksimal dan tidak ada bayangan yang terbentuk. Ketika objek sudah bisa diambil gambarnya, lakukan teknik fotografi makro sebagaimana yang dituliskan diatas. Selamat mencoba.

makro

One thought on “Teknik Fotografi Makro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s